PROSEDUR

PROSEDUR PPID KAB.SANGGAU

Informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang. Karenanya hak memperoleh informasi termasuk hak asasi manusia. Bahkan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik. Keterbukaan Informasi publik merupakan sarana mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara dan Badan Publik lainnya sebagaimana diamanatkan dalan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 117 tahun 2010 tentang Organisasi Pengelola Informasi dan Dokumentasi mengatur bahwa salah satu tugas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) adalah menyediakan akses informasi publik bagi pemohon informasi. Terkait dengan itu, PPID Pembantu Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Sanggau menetapkan Standar Operasional Prosedur layanan informasi dalam rangka penyelenggaraan pelayanan publik.

Dasar hukum :

  • Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik;

Untuk memenuhi dan melayani permintaan dan kebutuhan pemohon/pengguna informasi publik, PPID Pembantu Badan Pendapatan Daerah Kab. Sanggau memberikan layanan langsung melalui desk layanan informasi publik. Selain itu PPID juga memberikan layanan tidak langsung melalui media antara lain menggunakan :

Telepon 0564-23853 Fax. 23853
Email : bapenda@sanggau.go.id dan bapendasanggau2017@gmail.com
SMS : 085845976649
Website : https://bapenda.sanggau.go.id

Untuk informasi selanjutnya silakan klik link di bawah ini :

  1. Prosedur Permohonan Informasi Publik  => Link

Untuk mengajukan permohonan informasi publik PPID Pemerintah Kabupaten Sanggau, pemohon harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  • Permohonan Informasi Publik dapat dilakukan dengan mengisi formulir online melalui situs: https://ppid.sanggau.go.id/permohonan-informasi/ atau secara offline dengan mengunjungi kantor PPID di alamat Jalan Jenderal Sudirman No. 10 Kabupaten Sanggau.
  • Pemohon wajib menyertakan Identitas Pemohon yang sah, yaitu Fotokopi Kartu Tanda Penduduk, Paspor atau identitas lain yang sah yang dapat membuktikan Pemohon adalah Warga Negara Indonesia; atau Fotokopi lembar pertama dan lembar terakhir Anggaran dasar yang telah disahkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia dan telah tercatat di Berita Negara Republik Indonesia (dalam hal Pemohon adalah Badan Hukum); atau Surat kuasa dan fotokopi Kartu Tanda Penduduk pemberi kuasa dalam hal Pemohon mewakili kelompok orang; atau Dalam hal Pemohon didampingi atau diwakili oleh kuasa, Permohonan harus disertai dengan surat kuasa.
  • Petugas PPID akan mencatat/meregistrasi dan memeriksa kelengkapan berkas permohonan informasi publik.
  • Jika berkas pemohon lengkap, maka PPID Pemkab Sanggau kan memproses pemberitahuan tertulis tentang jawaban informasi publik. PPID Pemkab Sanggau akan memberikan pemberitahuan tertulis yang merupakan jawaban paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja sejak permohonan diterima.
  • Jika berkas tidak lengkap, maka Petugas PPID akan meminta kelengkapan data kepada pemohon dengan mengirim surat permohonan kelengkapan data (paling lambat 3 hari kerja).
  • Jika informasi belum dikusai/didokumentasikan, maka PPID Pemkab Sanggau dapat menyampaikan kepada pemohon perihal perpanjangan waktu jawaban informasi publik paling lambat 7 hari kerja sejak jatuh tempo pemberitahuan tertulis dan tidak dapat diperpanjang.
  • Jika pemohon puas dengan pemberitahuan tertulis/jawaban informasi publik, makan pelayanan informasi publik selesai. Jika pemohon tidak puas, maka pemohon berhak mengajukan keberatan informasi.

2. Prosedur Pengajuan Keberatan Informasi Publik => Link

3. Prosedur Penyelesaian Sengketa Informasi => Link4. Prosedur Penanganan Sengketa Informasi => Link