APEL GEBYAR “ BHINEKA TUNGGAL IKA “ SANGGAU BERSATU

Pada Tanggal 03 Febuari 2018

“ BAPENDA-SGU “

Sanggau, Gelar apel Persatuan Gebyar Kesatuan Sanggau, bertempat di Stadion Gelora Pancasila Sanggau Permai dipenuhi ratusan peserta yang menghadiri apel ini, dimana peserta apel terdiri dari orang-orang dari Kabupaten Sanggau dan anak-anak sekolah untuk memeriahkan apel Sabtu siang (03 / 02/2018). Tujuan dan tujuan apel ini untuk meyakinkan Kab.Sanggau bahwa meskipun dalam RAS etnis, agama, dan budaya yang berbeda namun tetap bersatu, saling bahu membahu dan terjap silaturrahmi untuk bersama-sama membangun Kab.Sanggau maju dan terdepan. Pada kesempatan ini juga, semua komponen Kab.Sanggau sepakat untuk mengadakan pemilihan damai. Kesepakatan tersebut dipandu oleh seluruh masyarakat atau peserta selama pembacaan apel Sanggau yang dipersatukan oleh Forkompimda dan perwakilan hukum dalam sebuah acara apel Gebyar Unity bersatu dengan Sanggau. Acara tersebut merupakan apel unik kali ini, karena penonton yang hadir di apel Gebyar Unity Unified Sanggau menggunakan kostum pakaian adat masing-masing di Kab.Sanggau, seperti pakaian adat Melayu, Dayak, Cina, Jawa, Madura, Padang dan Batak. Hadir pada kesempatan ini Sanggau Paolus Hadi, S. IP, M.Si, Wakil Sanggau Drs.Yohanes Ontot, M.Si, Kepala Polisi Ajun Senior Kab.Sanggau Rachmat Kurniawan, komandan militer Letkol Kab.Sanggau Herry Purwanto, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab.Sanggau Ritih Secundus, SE, Kepala OPD Kab.Sanggau, sub-Kab.Sanggau se, anggota TP-PKK Kab.Sanggau, Anggota Gabungan Organisasi Perempuan (GOW) Kab.Sanggau, Ibu Anggota Bhayangkari Kab.Sanggau, Ibu Persit Kab.Sanggau anggota dan peserta seluruh apel Kab.Sanggau. Sebelum dimulainya acara sebelumnya apel diselingi dengan berbagai hiburan seperti menari pada kreativitas peserta atau masyarakat yang mengikuti demonstrasi. Komposisi acara apel Gebyar Unity Unified Sanggau adalah antaralain bernyanyi Indonesia Raya, pembacaan puisi dari elemen forkompimda, membaca Ikrar diikuti oleh seluruh peserta reli, Anda menyanyikan Urusan dan penandatanganan Ikrar. Upacara pengangkatan inspektur diketuai oleh Kapolri dalam pembacaan ikrar Sanggau dan diikuti oleh seluruh peserta apel atau masyarakat dimana ada kesepakatan damai lima poin, yaitu:

  1. Masyarakat kita Sanggau menegakkan Pancasila, UUD 1945, Persatuan dan menjaga integritas Republik.

  2. Masyarakat kita Sanggau ditentukan tidak terpengaruh oleh isu, provokasi dan agitasi yang berbau etnis, agama, RAS dan kelompok untuk membagi bangsa.

  3. Masyarakat kita Sanggau menolak etnis, agama, perbedaan kelas RAS dan digunakan sebagai alat untuk kepentingan politik.

  4. Masyarakat kita kabupaten, siap untuk sukses dan menciptakan pemilihan Gubernur / Wakil Gubernur Kalimantan Barat dan pemilihan Bupati / Wakil Bupati pada tahun 2018 dengan integritas, martabat, keamanan dan kedamaian.

  5. Masyarakat kita Sanggau bertekad untuk menjaga kedamaian dan harmoni dalam keragaman dan keragaman.

          Selanjutnya, penandatanganan janji oleh Kepala Sanggau Sanggau, Wakil Bupati Sanggau Sanggau Dandim dan semua tamu atau peserta yang hadir dalam demonstrasi tersebut. Setelah reli digelar diikuti hiburan kembali sebagai pertunjukkan para peserta atau masyarakat yang mengikuti Apple dengan menampilkan adat istiadat dan tradisi budaya masing-masing.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Leave a Reply